Aplikasi untuk Membuat Infografis

aplikasi untuk membuat infografis

Pillihan aplikasi untuk membuat infografis – Infografis kini nampaknya menjadi salah satu konten yang cukup digemari oleh masyarakat. Penampilan yang sederhana tentu kian memudahkan masyarakat untuk memahami informasi yang ada.

Akan tetapi banyak hal yang perlu kalian perhatikan dalam membuat konten infografis. Bukan cuma soal kumpulan gambar yang sederhana, infografis juga harus memuat informasi yang rinci.

Namun sebelumnya apa sih infografis itu? Infografis merupakan sebuah kumpulan gambar yang menampilkan informasi, data, atau statistic. Gambar ini bisa berupa ilustrasi, diagram, skema, dan lain-lain.

Biasanya bagi sebagian orang membaca informasi atau teks biasa bisa membosankan. Dengan adanya visualisai gambar, informasi dan data dapat lebih mudah dipahami dan menarik.

Jika dahulu membuat infografis membutuhkan kemampuan khusus, seperti kemampuan desain dan menggunakan program desain tertentu.

Namun, saat ini kamu sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang membantu kalian untuk membuat infografis, yang tentunya sangat mudah digunakan.

Kira-kira apa saja ya aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat Infografis?

Rekomendasi aplikasi untuk membuat infografis:

1. Canva

Aplikasi pertama untuk membuat infografis ada canva mungkin banyak lebih dikenal bagi beberapa orang yang sering membuat desain simple. Biasanya canva digunakan untuk membuat gambar-gambar keren atau quote di media sosial.

Canva juga bisa digunakan dalam membuat curriculum vitate, feed Instagram, atau sebagai infografis. Canva juga menyediakan berbagai koleksi yang bisa digunakan oleh parah pengguna. Seperti koleksi gambar, ikon, ilustrasi, dan lain-lain di aplikasi ini.

Dan kalian juga bisa lho bebas memilih jenis huruf dan warna. Canva bisa kalian akses secara gratis. Namun, kalau kalian ingin mendapatkan konten yang lebih lengkap. Kalian bisa memilih untuk menjadi premium

2. Piktochart

Piktochart sama seperti Canva. Aplikasi satu ini menawarkan proses untuk membuat infografis atau presentasi dengan mudah.

Kamu hanya perlu memilih template yang sesuai dan menyuntingnya sesuai keperluan kalian.

Kalian juga bisa membuat diagram yang interaktif dengan ikon yang dianimasikan. Selain itu, Piktochart juga menyediakan banyak elemen desain, seperti memilih font, warna, dll. Prosesnya sangat mudah, dengan menggunakan menggunakan drag n drop.

Fitur Piktochart akan lebih banyak ketika kalian berlangganan atau menjadi pengguna PRO. Meski begitu, tidak seperti pengguna PRO, kalian tetap bisa memakainya secara gratis.

Namun konten yang disediakan sangat terbatas. Misalnya hanya bisa mengunduh dalam bentuk gambar JPG dan PNG.

3. Visme

Visme dapat membantu anda untuk membuat persentasi dan infografis dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam peralatan dan obyek.

Kalian bisa memilih template yang tersedia, bisa memilih obyek gambar, bisa memilih jenis huruf, dan lain-lain yang disediakan oleh visme.

Salah satu keunikan Visme adalah kemampuannya menerjemahkan data ke dalam bentuk gambar, seperti peta, skema, diagram, dan lain-lain.

Selain itu, Visme juga bisa menerapkan animasi ke infografis yang kamu buat.

Aplikasi Visme ini bisa kalian pakai secara gratis, namun dengan fitur terbatas (tidak bisa interaktif). Jika kalian memang ingin menggunakan konten drngan fitur lengkap . kalian perlu menjadi pengguna premium.

4. Vennggage

Venngage merupakan salah satu aplikasi yang fokus pada pembuatan infografis dan presentasi, dan menyediakan juga beberapa konten yang lainnya.

Sama seperti aplikasi yang lain, aplikasi ini juga menawarkan penggunaan template. Jadi membantu pekerjaan kalian lebih mudah.

Walau begitu, Vengage juga memiliki banyak pilihan diagram, ikon, gambar, warna, dan huruf. Kamu bisa mengatur tampilan sesuai keinginanmu. Termasuk ukuran masing-masing obyek.

Venngage bisa kamu gunakan secara gratis. Namun kamu hanya bisa membuat sampai 5 infografis saja. Kalau kalian ingin mendapatkan akses lebih lengkap, kalian bisa bisa upgrade ke versi PRO.

5. Snappa

Jika kalian tidak memiliki latar belakang desain tetapi ingin membuat gambar visual, atau membuat Infografis. Menggunakan Snappa adalah pilihan yang cocok.

Tool ini sangat mudah digunakan dann untuk dipelajari sehingga mereka dapat menghasilkan hasil yang bagus.

Jika kalian ingin menggunakan Snappa, kalian hanya perlu mendaftarkan diri dan memverifikasi akun Setelah itu sudah mendaftar, kalian bisa langsung membuat graphic, termasuk infographics yang kalian inginkan.

6. Biteable

Aplikasi satu ini bisa membantu kalian dalam membuat infografis dalam bentuk video. Biteable adalah sebuah online tools gratis yang bisa membantu kalian untuk membuat sebuah infografik dalam format video.

Biteable sangat bermanfaat untuk  orang-orang yang ingin belajar untuk menggunakan infografis.

Kalian dapat dengan mudah membuat video infogrfafik mudah dengan Biteable untuk menjelaskan konsep inti, membuat panduan instruksional dan tutorial untuk dibagikan kepada pengunjung website kamu.

Aplikasi ini sangat user friendly dan bisa digunakan dengan mudah. Tidak memerlukan keterampilan khusus dalam mengedit video.

Prosesnya pembuatannya pun sangat sederhana dan mudah dan Biteable dikemas dengan gaya animasi yang dirancang secara profesional.

Itulah beberapa rekomendasi pilihan aplikasi untuk membuat infografis yang bisa kamu gunakan.